Internet Cepat Untuk Mahasiswa? Penting Banget! #GoForIt


Saya mengenal internet pertama kali ketika masih kelas 3 SMP, itupun secara tidak sengaja karena mendapat tugas tentang internet. Tak penting apakah internet itu cepat atau tidak karena memang gak penting-penting amat kebutuhan internet saat itu. Sekedar Facebook-an, dan jadi pemuda alay di dunia maya. Mengingat masa-masa itu membut saya ingin muntah.

Baru tahu internet di Indonesia lemot banget ketika pertama kali mencoba mengakses internet memakai modem dari salah satu provider. Download file aja kecepatan maksimumnya tak lebih dari 60 Kbps. Sekadar mengakses halaman facebook saja lamanya setengah mati.

Pada 2015 yang sedang memasuki akhir tahun ini kebutuhan akan internet bagi saya sendiri sangat penting, apalagi status saya yang sebagai mahasiswa tingkat akhir.

Mahasiswa Butuh Internet Cepat!

Tentunya bukan hanya saya, Mahasiswa lain di seluruh indonesia (mungkin) juga ingin internet cepat ada di indonesia. Berikut ini beberapa kegiatan mahasiswa yang membutuhkan internet cepat.

1. Tugas

Kadangkala mahasiswa membutuhkan internet untuk menyelesaikan tugas-tugasnya. Mungkin bukan cuma mahasiswa yang membutuhkan internet untuk tugas-tugasnya, siswa pun juga butuh.

Kebayang waktu ingin mengumpulkan tugas via upload internet tiba-tiba koneksi internetnya lemot. Ditambah waktu itu sudah Deadline. Syukur-syukur berhasil ngumpulin tepat waktu, kalo nggak gimana? Jadi, ini penting bukan.

2. Referensi / Tutorial

Bukan cuma untuk tugas-tugas saja mahasiswa membutuhkan internet. Dalam hal lain misalnya untuk meningkatkan skill mereka mahasiswa mencari referensi ataupun tutorial. Seperti saya yang sering mencari referensi ataupun tutorial Pemrograman atau Desain dalam bentuk file video. Maka, dalam hal ini internet cepat sangat dibutuhkan.

3. Hiburan

Nah, untuk hiburan bagi mahasiswa kebanyakan adalah main game online, nonton video youtube (entah apa yang ditonton), nonton film (meskipun hasil download-an), dan aktifitas yang berhubungan dengan internet adalah hiburan yang menyenangkan.  Dalam aktifitas ini internet cepat sangat dibutuhkan (oleh mahasiswa).

Kalau saya sendiri untuk hiburan biasanya nonton video musik di youtube ataupun bermain game online. Kebayang kan lagi asik-asiknya menikmati alunan musik tiba-tiba koneksi ngadat. Loading lamaaa…. kan ngeselin!

4. Cari Jawaban Soal (Nyontek)

Katanya sebagai mahasiswa kita harus kreatif mendapatkan jawaban dari permasalahan yang ada. Misal ketika sedang ujian atau ada kuis dari dosen, biasanya kebanyakan mahasiswa akan mengeluarkan sisi kreatifnya dalam mencari jawaban soal.

Internet lah jawabannya. Kebayang lagi buru-buru mau ngerjain semua soal tiba-tiba koneksi internet lemot. Sedangkan minta jawaban kepada teman nggak ada yang ngasi. Mampus dah!

Internet Cepat, Kapan Indonesia bisa Lebih Cepat dari Korea Selatan?

Semua orang pemakai internet tahu Korea Selatan masih memegang “Top Speed” tentunya dalam hal kecepatan akses Internet. Bagaimana dengan Indonesia? sudahlah, jangan ditanya lagi atau pun jangan lagi dibandingkan dengan kecepatan KorSel. Kalah bro, kalah!

internet_speed

Tabel kecepatan internet (inet.detik.com)

Jelas sudah indonesia tak kan mengalahkan Korea Selatan dalam hal kecepatan internet, setidaknya untuk beberapa tahun kedepan atau mungkin tak akan pernah. Entahlah.

Solusinya untuk menggunakan internet cepat di indonesia adalah menggunakan teknologi jaringan 4G LTE.

4G LTE adalah sebuah standard komunikasi nirkabel berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA untuk aksess data kecepatan tinggi menggunakan telepon seluler mau pun perangkat mobile lainnya. LTE disebut-sebut sebagai jaringan nirkabel tercepat saat ini, sebagai penerus jaringan 3G. LTE bahkan diklaim sebagai jaringan nirkabel yang paling cepat pertumbuhannya.

sejarah perkembangan teknologi jaringan selular copy

Jaringan 4G LTE di Indonesia

Pada tahun 2015 ini beberapa operator seluler sudah menyediakan fasilitas 4G LTE. Namun jaringan 4G LTE ini hanya tersedia di beberapa kota besar saja.

Nah ada satu operator seluler yang membuat saya ingin mencoba jaringan 4G LTE. Alasan kenapa saya ingin mencoba jaringan 4G LTE milik smartfren adalah karena smartphone dari smartfren yang mendukung 4G LTE harganya cukup terjangkau untuk saya yang notabene adalah mahasiswa (yang uang sakunya pas-pasan) dan juga saya sedang cari smartphone murah.

Alasan lainnya adalah jaringan 4G LTE dari smartfren bisa dibilang luas yang tersedia di 22 kota di Indonesia.

Peta sebaran jaringan 4G LTE Smartfren

Peta sebaran jaringan 4G LTE Smartfren

Bisa dilihat peta diatas. Jaringan Smartfren 4G LTE Advanced milik smartfren tersedia di beberapa kota, bahkan hampir semua kota di pulau jawa mendukung jaringan 4G LTE. Jadi cocoklah buat saya yang saat ini tinggal di Surabaya.

Device Smartfren 4G LTE

Awal menggunakan smartphone android saya memilih smartfren Andromax I karena memang cukup murah dan tentu saja kecepatan internetnya yang saya suka.

Nah, di era teknologi 4G LTE smartphone yang saya sukai tetap dari smartfren karena alasan yang sama, harganya murah. Ya, walaupun masih belum ada kesempatan membelinya.

tipe hp copySelain ponsel pintarnya, yang saya suka dari produk terbaru smartfren tentunya MiFi. MiFi adalah alat pemancar WiFi yang bisa dikoneksikan dengan berbagai perangkat WiFi lainnya. Jadi gak perlu cari-cari WiFi yang kebanyakan di password.

Kesimpulan

Jadi, penting bagi mahasiswa untuk bisa mendapatkan dan merasakan internet cepat untuk menunjang aktifitas kuliah (Tugas, Nyontek) ataupun aktifitas di luar perkuliahan untuk sekadar refreshing (Ngegame online, nyutube, download, dll).

Jangan sampai internet lemot mengganggu aktifitas mahasiswa itu sendiri. Setuju kan teman (mahasiswa)? Mari kita dukung Gaya Hidup Digital di Era Internet Cepat yang bermanfaat dan bermartabat #PenutupMacamApaIni #GoForIt

Yang terakhir dari saya untuk mengetahui lebih banyak betapa pentingnya internet cepat bagi mahasiswa bisa tonton video ini.


Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/LTE

http://www.smartfren.com/4g/

Sumber Video:

Cleansound Studio

Advertisements

One thought on “Internet Cepat Untuk Mahasiswa? Penting Banget! #GoForIt

  1. akupun ga abis pikir kalo sedang internetan di luar rumah.. kalo di rumah aku pake paket unlimites plus wifinya , jd lumayan kenceng..tapi di luar itu, OMG.. menyerah -__-.. ga bisa bgt deh andelin provider biasa ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s