Menjual Skill dan Menghasilkan Uang


Bagaimana menjual skill dan menghasilkan uang? Oke, pertama perlu diketahui sekitar lebih dari 50 juta orang indonesia masih belum mempunyai pekerjaan alias Pengangguran, termasuk saya mungkin, karena saya masih fokus kuliah.

Apa sebenarnya yang membuat orang-orang tersebut tidak memiliki pekerjaan? yang pasti adalah malas berusaha (bisa jadi), tapi sudah banyak yang berusaha dan tetap saja belum punya pekerjaan. Faktor lainnya adalah tidak punya skill. Ya, ini yang banyak terjadi sekarang, terkadang orang yang tidak punya skill-pun ada yang memiliki pekerjaan asalkan mau bekerja apa saja.

Bagi kamu yang mempunyai skill tertentu namun masih belum punya pekerjaan, mungkin bisa dicoba apa yang akan saya sampaikan ini. Sebelumnya artikel ini saya buat karena terinspirasi dari video seseorang yang bisa dibilang adalah Inspirasi saya, kalau mau tahu orangnya silahkan cari di facebook “Agan Khalid”.

Bagaimana Cara Menjual Skill dan Menghasilkan Uang?

Jika disuruh memilih, pilih mana Bekerja untuk orang lain atau Bekerja untuk diri sendiri? Maksudnya bekerja tapi kamu memiliki bos atau kamu bekerja sendiri hasil yang didapat untuk kamu sendiri, tidak ada bosa yang mengatur. Kalau saya sendiri pastinya pilih bekerja tanpa Bos. Bahkan kalau perlu saya sendiri yang menjadi Bos-nya 😀

Oke, mari kita mulai. Menurut apa yang Mas Agan Khalid sampaikan di videonya, cara Menjual Skill ada 2 cara, Cara Lambat dan Cara Cepat.

1. Cara Lambat

Dengan cara lambat kamu bisa mendapatkan hasil sekitar 4-6 bulan kemudian atau bahkan lebih lama lagi.  Caranya, kamu hanya tinggal mempromosikan skill yang kamu punya. entah mau dipromosikan dimana saja, bisa di Internet (Google Adwords, dll) atau di dunia nyata (Buat Poster,dll).

Tapi dengan cara ini kamu pastinya akan mengeluarkan sedikit uang atau bahkan bisa lebih banyak lagi.  Cara ini bisa disebut dengan Membangun Brand (Branding). Dengan Branding tadi nantinya Job kamu pasti lancar, yakin deh.

2. Cara Cepat

Cara cepat mungkin bisa kamu pilih tapi harus dengan sedikit trik. Caranya dengan bersedekah skill yang kamu punya. Maksudnya? Oke, misal kamu punya skill Desain, kamu hanya tinggal mencari klien yang bisa kamu berikan sedekah tadi.

Kamu tawarkan jasa desain kamu tadi ke klien tersebut dengan GRATIS, ya gratis.. namanya kan sedekah masa harus bayar? Namun klien tadi wajib memberikan Testimonial tentang jasa yang kamu berikan, kalau mereka tidak mau? Paksa aja, masa gak mau?

Untuk yang sedekah ini carilah klien yang lumayan besar, karena nantinya akan bermanfaat bagi kita. Nah, setelah kita mendapatkan testimonial dari klien pertama tadi, saatnya kita Menjual Skill. Kita tawarkan jasa kita ke pesaing klien pertama tadi. Bilang saja “Hey, Perusahaan mereka (pesaing) sudah memakai jasa kita loh, apa anda tidak mau memakai jasa kita?” dan berikan testimonial yang sudah didapat tadi.

Walaupun nanti kita ditolak, yang pasti mereka sudah tahu tentang jasa kita dan sudah ada yang memakai jasa kita, pesaing mereka lagi.

Oke, untuk menjadi sukses kita tidak harus pintar, namun kita harus terus berusaha dan jangan menyerah. Karena Orang yang sukses itu bukanlah orang yang pintar, melainkan orang yang tidak mudah menyerah. 🙂

Jangan menyerah, teruslah berusaha. Mari kita ubah Indonesia menjadi lebih baik dan maju. 😀

Terinspirasi  oleh : Agan Khalid, dan Eka Lesmana

Advertisements

6 thoughts on “Menjual Skill dan Menghasilkan Uang

  1. Alhamdulillah saya termasuk yg udah punya kerjaan tetap…. dan skrg lagi nyambi buildvmy own shop. mudah2an bisa nambah income. amin.

    klo njenengan, kuliah sambil berbisnis piye?

  2. Nah. Saya lagi belajar yang ke dua: belajar desain. Blog khususnya. Ternyata, banyak gak pahamnya. Waa-haa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s